Ilmuwan Jepang Berhasil Tumbuhkan Rambut Tanpa Kulit Kepala

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Para ilmuwah asal Jepang, baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya berhasil menumbuhkan rambut tanpa kulit kepala, di laboratorium. Kok bisa?

Dirujak Netizen, Marselino Ferdinan: Hahaha Negara Lucu

Para peneliti di Universitas Nasional Yokohama Jepang mengatakan dalam siaran pers bahwa mereka telah mempelopori pertumbuhan folikel rambut in vitro, yang termasuk sukses besar setelah beberapa dekade penelitian tentang apa yang membuat rambut tumbuh tersebut. 

Sebuah studi tentang pekerjaan tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, melansir Futurism, merinci bagaimana para peneliti dapat mengubah struktur sel-sel kulit tikus menggunakan jenis gel khusus yang mereka buat, yang memungkinkan para ilmuwan untuk memprogram ulang sel-sel untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3 Pemain Peraih Penghargaan di Piala Asia U-23 2024

Ketika folikel ditransplantasikan ke tikus hidup yang tidak berbulu, folikel ini bahkan dapat terus berfungsi di berbagai siklus pertumbuhan rambut.

Dalam upaya untuk lebih memahami interaksi antara jaringan ikat dan sel-sel kulit yang menghasilkan pertumbuhan rambut, tim Jepang menumbuhkan "versi kecil dan sederhana dari organ" yang dikenal sebagai "organoid," dan kemudian menggunakan gel mereka untuk memprogram ulang mereka untuk meniru folikel rambut di lingkungan alaminya, yaitu kulit kepala. 

10 Fakta Unik Tentang Jepang, Negara yang Jadi Juara Piala Asia U-23 2024

"Jika Anda memikirkan folikel rambut, ada rambut di tengahnya dan kemudian ada lapisan sel epitel di sekitar folikel dan sel khusus lainnya," jelas Kairbaan Hodivala-Dilke, pakar ilmu kedokteran di Queen Mary University of London, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, kepada New Scientist.

Gel yang sama, pada gilirannya, mereplikasi lingkungan alami tubuh dengan cara memungkinkan sel-sel epitel bersatu satu sama lain, tambah Hodivala-Dilke.

Halaman Selanjutnya
img_title