Resep Bebek Manis Pedas yang Nikmat dan Juga Rendah Kolesterol

Ilustrasi daging bebek
Sumber :
  • Tablespoon.com

BANDUNG – Daging bebek identik dengan tingginya lemak serta bahaya kolesterol tinggi yang mengintai di balik nikmatnya sajian tersebut. Siapa sangka, daging bebek sendiri bisa diolah menjadi rendah lemak dan kolesterol namun rasanya pun tak kalah nikmat. Bagaimana ya cara mengolah dengan tepat?

Resep Praktis Opor Ayam Bumbu Kuning ala Chef Devina Hermawan, Cobain Yuk!

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, mengatakan bahwa daging bebek sejatinya memang tinggi lemak, terutama di bagian bawah kulit yang cenderung jadi bagian kesukaan banyak orang. Per 100 gram daging bebek atau setara dengan sebesar paha bebek, yang belum dimasak, mengandung 98 miligram kolesterol.

"The best kandungan kolesterol bawah kulit ya dagingnya juga. 100 gram daging bebek kolesterolnya 98 mg. Kebutuhan kita 200mg kolesterol. Itu aja udah setengahnya. Belum kalau masaknya digoreng," kata Diana, Jumat 2 Desember 2022.

Resep Mudah Opor Ayam Lebaran ala Chef Devina Hermawan, Dijamin Ketagihan

Meski kandungan proteinnya cukup tinggi, namun dibandingkan kolesterol di dalamnya cukup mengkhawatirkan bagi penyuka daging bebek. Kadar proteinnya sendiri tak jauh beda dengan ayam yakni sebesar 7-25 gram protein per 100 gram dagingnya. Bedanya dengan daging ayam, pada daging bebek sangat tinggi kadar kolesterolnya.

"Lemak di bawah kulit bebek banyak sekali. Hati-hati makannya," kata dia.

Waspada! Supleman Penurun Kolesterol dari Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Beredar di Indonesia?

Sayangnya, banyak masyarakat yang kerap mengambil cara mudah mengolah bebek dengan menggoreng di minyak panas dan banyak yang membuat kadar kolesterol kian meningkat. Untuk mencegah tingginya kolesterol, Diana menganjurkan untuk mengolah daging bebek dengan cara diungkep dan selanjutnya ditumis.

"Hindari menggoreng, biasanya bebek pakai bumbu kuning dan goreng. Akhirnya minyak makin banyak," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title