Hobi Makan Pedas Tapi Takut Jerawatan? Ini Cara Mencegahnya

ilustrasi cara membersihkan bekas jerawat di wajah
Sumber :
  • alodokter.com

BANDUNG - Jerawat menjadi musuh hampir setiap orang lantaran kemunculannya dapat mengganggu penampilan. Banyak pula faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, mulai dari polusi hingga faktor hormonal. Selain itu, makanan yang kita konsumsi pun bisa memicu timbulnya jerawat. 

Tak Hanya Suami Sandra Dewi, Ini Nama-nama Tersangka Korupsi Timah Lainnya

Lalu bagaimana cara menghindari munculnya jerawat, saat kita hobi makan makanan pedas? Simak penjelasan berikut ini. Untuk menghindari jerawat yang muncul akibat konsumsi makanan pedas, perbanyaklah minum air putih.

Makanan pedas dapat menggeser pH lambung menjadi lebih asam yang akhirnya menyebabkan jerawat. Anda bisa melawan keasaman dengan minum lebih banyak air. Bagi orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 hingga 10 gelas air per hari. 

Suami Sandra Dewi yang Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah, Ini Profil dan Agamanya

Jadi, saat Anda mengonsumsi makanan pedas, tingkatkan asupan air menjadi 12 hingga 13 gelas per hari. Tak hanya itu, merawat kesehatan kulit juga penting untuk mencegah munculnya jerawat akibat konsumsi makanan pedas. Oleskan pelembap ringan ke wajah jika memiliki kulit berminyak. 

Bersihkan pula wajah 2 sampai 3 kali sehari. Dan, jangan lupa untuk menggunakan scrub 2 kali seminggu untuk mengangkat kulit mati. Penting juga untuk selalu mengonsumsi buah-buahan untuk kulit yang lebih sehat. Buah-buahan mengandung antioksidan yang dapat membantu detoksifikasi kulit.

Profil Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Korupsi Timah

Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Pilih buah-buahan dengan kandungan vitamin yang baik untuk kulit, seperti vitamin C dan E. Berbagai jenis jeruk dan ragam jenis beri yang kaya akan vitamin C dan E dapat menjadi pilihan

Makan pedas bisa menimbulkan jerawat, meski bukan penyebab utamanya. Pencetus jerawat pada tiap orang berbeda-beda. Jadi, tidak semua orang yang makan pedas akan muncul jerawat setelahnya. Selalu jaga kebersihan dan konsumsi makanan bernutrisi untuk mengurangi risiko jerawat ataupun masalah kulit lainnya. (Irv)