Asal Usul Sushi Hingga Masuk ke Indonesia

Ilustrasi Sushi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Sushi adalah salah satu makanan lezat nan sehat yang banyak digemari orang. Dibayangan kita saat mendengar kata sushi adalah nasi yang telah dicampur dengan cuka beras kemudian dibubuhi aneka ikan laut mentah di atasnya.

Mengenal Philippe Troussier, Pelatih Timnas Vietnam yang Ternyata Seorang Mualaf

Nah, namun tahu kah kamu bahwa sushi ternyata awalnya berasal dari Asia Tenggara? Berikut sejarah sushi hingga masuk ke Indonesia.

Mengutip dari Newsd, sushi awalnya berasal dari metode pengawetan ikan dari daerah Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke Tiongkok, lalu ke Jepang. Metode pengawetan ikan ini dinamakan narezushi. Narezushi merupakan cara mengawetkan ikan, dengan cara menaruh ikan di atas nasi asin, kemudian dibungkus dengan daun.

5 Fakta Menarik Film Exhuma, Simbolisme Pasak Besi dan Makna Tersembunyinya

Ikan yang dibungkus tadi lantas mengalami proses fermentasi. Proses inilah yang membuat ikan tetap layak makan dan nikmat disantap meskipun disimpan lama. Awalnya nasi asin pada narezushi akan dibuang dan hanya ikannya saja yang dikonsumsi. 

Kemudian ada makanan yang disebut namanare, hidangan ini dibuat dari ikan mentah yang dibungkus dengan lapisan kulit ikan. Ikan dikonsumsi sebelum rasanya berubah. Dari kedua makanan inilah sushi konon berasal, yang awalnya bertujuan untuk pengawetan ikan polanya berubah menjadi masakan jenis baru.

Ria Ricis dan Teuku Ryan Kepergok Mesra di Bandara, Akan Rujuk?

Ilustrasi Sushi

Photo :
  • Freepik

Sushi Jepang

Halaman Selanjutnya
img_title