Cek Fakta: Ada Uang Kertas Selembar Nominal Rp1 Juta

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Baru-baru ini publik dihebohkan dengan beredarnya sebuah video soal uang kertas dengan nominal Rp1 juta.

Segera Ambil Bantuan Saldo DANA Rp2.4 Juta, Selamat ya Bagi Pelaku UMKM

Video itu diunggah di TikTok itu mendapat banyak respons dan telah ditonton oleh 6,8 miliar orang. Bahkan warganet rata-rata percaya akan nominal rupiah itu.

Bank Indonesia (BI) pun akhirnya angkat suara terkait kehebohan tersebut. "Oh ini yang katanya pecahan Rp 1 juta," tulis akun @iffrans dikutip VIVA, Kamis 24 November 2022.

Pulang ke Rumah, Lolly Tak Dibukain Pintu oleh Nikita Mirzani

Bank Indonesia menyatakan bahwa nominal rupiah Rp 1 juta adalah hoaks atau bohong. BI menyatakan bahwa tidak pernah mengedarkan uang tersebut.

"Belakangan beredar video yang memperlihatkan seseorang memiliki lembaran kertas yang dianggap pecahan Rp 1 juta. Lembaran yang dikira rupiah kertas dengan nominal Rp 1 juta itu merupakan house notes atau uang contoh," kata @bank_indonesia dalam Instagramnya, Kamis 24 November 2022.

Tepis Isu Pembunuhan, Kate Middleton Tampil di Publik bersama Pangeran William

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • Pixabay

BI menjelaskan bahwa house notes Rp 1 juta itu dikeluarkan oleh Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) sebagai kebutuhan sample. Di mana itu bertujuan untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang, dengan menggunakan teknologi pencetakan dan security features tertentu.

Halaman Selanjutnya
img_title