Keren, Siswa MAN di Malang Bikin Robot Penyapu Sampah Jalanan

Kompetisi Robotik Kemenag RI 2022
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang berhasil membuat robot penyapu atau pembersih sampah organik di jalanan. Ciptaan 2 siswa keren tersebut ditampilkan dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Universitas Negeri Yogyakarta.

Inovasi Robot AI , Kulit Kayak Manusia Hingga Bisa Seks

Dua siswa MAN itu yakni Kaevlin Fadia Taqia (15) dan Givan Chiragia Rahman (15). Robot ciptaan keduanya diberi nama Folium Bot Autonomus Road Rubbish Sweeper Machine Based on Deep Learning.

"Kami mengembangkannya selama dua bulan, sebelum tampil di sini," ujar Kaevlin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Robot AI Seperti Manusia, Canggih Bisa Diajak Seks

Kaevlin menjelaskan robot pengambil sampah pada prinsipnya bekerja layaknya truk sampah yang dapat memungut sampah organik yang terserak di jalanan dengan cara menyedotnya dengan vacuum. Robotnya dapat mengenali jenis-jenis sampah dan mampu menganalisa tantangan yang ia hadapi.

Salah satu komponen utama robot ini adalah Arduino Mega, sebuah sirkuit yang memberikan perintah pada motor untuk melakukan mobilitas. Selain itu, robot ini diberi motor penggerak, omniwheel PG28. Dengan model roda banyak, robot ini dapat bergerak ke segala arah secara efektif tanpa harus memutar.

Keren Teknologi AI, Robot Seks Peka pada Perasaan Manusia

Untuk dapat mengenali objek, Folium Bot menginderanya dengan kamera dan sensor untrasonik. Dengan dua indera itu, ia dapat mendeteksi objek dan memutuskannya sebagai sampah organik atau bukan.

Siswa MAN 2 Malang

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title