GBK Harus Steril Sebelum Piala Dunia U-20? Begini Aturan FIFA

Jokowi hadiri acara Relawan di GBK
Sumber :
  • ANTARA

BANDUNG – Warganet saat ini dihebohkan dengan digunakannya Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat sebagai tempat bertemunya para relawan Jokowi di acara yang bertajuk 'Nusantara Bersatu' pada Sabtu 26 November 2022. Kini, tagar #katanyaGBK menjadi trending topik di Twitter.

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

Pasalnya sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menegaskan jika stadion tersebut tidak dapat digunakan untuk acara apapun. Sebab, sudah GBK sudah dipilih sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

"Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain," kata Zainudin beberapa waktu lalu.

Media Korsel Soroti Shin Tae-young, Sebut Sebagai Pahlawan Sepakbola Indonesia

Jika merujuk pada aturan resmi dari FIFA, venue Piala Dunia U-20 2023 harus benar-benar steril dari kegiatan apapun pada dua minggu sebelum ajang pertandingan tersebut digelar.

Penjelasan itu tertuang dalam FIFA Regulations for the FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023, tepatnya pada Bab 5 tentang Stadiums and Training Sites.

Semakin Mendunia, FIFA Kini Terang-terangan Puji Timnas Indonesia

Adapun poin-poin yang relevan dengan hal tersebut yakni sebagai berikut:

"Poin 19.3: The stadiums shall not be used for any other matches or events from at least 14 days prior to the start of the World Cup 2023 (or earlier if deemed necessary by FIFA if conditions require) and concluding at the earliest one day after the last scheduled match at the respective stadium, unless FIFA gives special permission. (Stadion tidak boleh digunakan untuk pertandingan atau event lain, setidaknya 14 hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2023, (atau lebih awal, jika dianggap perlu oleh FIFA, dan jika kondisi mengharuskan), dan paling cepat satu hari setelah pertandingan terjadwal terakhir, di stadion masing-masing, kecuali FIFA memberi izin khusus)."

Halaman Selanjutnya
img_title