Begini Cara Dapatkan Kewarganegaraan Jerman

Kota Munich Jerman
Sumber :
  • Businessinsider.com

BANDUNG – Pemerintah Jerman ingin mempermudah warga negara asing yang ingin tinggal di Jerman untuk memperoleh kewarganegaraan Jerman.

Mahsiswa Katolik Unpam Diserang Saat Ibadah, DPR: Kutuk Keras!

Melansir AP News, Selasa, 29 November 2022, Rancangan Undang-Undang oleh Kementerian Dalam Negeri Jerman akan memudahkan orang asing di Jerman untuk mendapatkan kewarganegaraan Jerman.

Hingga saat ini, aturannya adalah siapa pun yang telah tinggal di negara tersebut setidaknya selama delapan tahun dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan paspor Jerman.

Tersangka Pembubaran Kegiatan Ibadah Mahasiswa di Tangerang Ditangkap, Ternyata Bukan Orang Biasa

Perombakan aturan kewarganegaraan adalah salah satu dari serangkaian reformasi modernisasi yang disepakati untuk ditangani oleh koalisi tiga partai yaitu dari Sosial Demokrat kiri-tengah Scholz, Partai Hijau lingkungan, dan Demokrat Bebas pro-bisnis yang setuju untuk menanganinya ketika mulai menjabat Desember lalu. 

Mereka sepakat untuk mempersingkat waktu tunggu dan memberikan kewarganegaraan kepada orang-orang yang telah tinggal di Jerman selama lima tahun. Anak kelahiran Jerman akan secara otomatis menjadi warga negara jika salah satu orang tuanya telah menjadi penduduk resmi selama lima tahun.

Kronologi Suami di Ciamis Mutilasi Istri di Depan Pos Ronda, Diduga Ada Bisikan Gaib

Dalam kasus "pencapaian integrasi khusus", ini bahkan mungkin terjadi setelah hanya tiga tahun - misalnya, jika imigran telah menunjukkan prestasi akademik atau profesional khusus atau komitmen sukarela, atau memiliki keterampilan bahasa yang sangat baik.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pada hari Jumat pekan lalu bahwa rancangan undang-undang "sudah siap". 

Halaman Selanjutnya
img_title