Gempa Garut M 6,4 Akibat Pergerakan Patahan di Dalam Samudera

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu, 3 Desember 2022, terjadi akibat pergerakan patahan di dalam samudera.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Demikian diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati dilansir dari tvOne, Sabtu, 3 Desember 2022.

"Merupakan pergerakan patahan yang terjadi di dalam lempeng samudra pada kedalaman 118 km jadi pusat gempa memang sangat dalam kurang lebihnya di lempeng samudra terjadi pergerakan patahan di dalam patahan lempeng tersebut,” ujar Dwikorita.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Berdasarkan pantauan BMKG, gempa yang terasa di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur ini intensitasnya antara MMI 2-4.

"Intensitas guncangan 4 MMI semestinya tidak berbahaya karena hanya dirasakan tapi tidak merusak. Namun yang dikhawatirkan apabila bangunan-bangunan rumah itu tidak aman gempa seperti di Cianjur tidak ada kolom besinya tidak ada perkuatan itu yang seharusnya aman bisa jadi rusak," kata Dwikorita.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 29 Maret Februari 202

Sementara berdasarkan pantauan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, belum adanya laporan untuk korban jiwa dan kerusakan, warga pun sudah beraktivitas normal.

Ilustrasi longsor

Photo :
  • ANTARA
Halaman Selanjutnya
img_title