Gempa Garut Sebabkan Rumah Warga di Pelosok Cianjur Rusak

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • Pixabay / Tumisu

BANDUNG – Sejumlah rumah di Cianjur Selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut, Jawa Barat dilaporkan rusak akibat gempa magnitudo 6.4, Sabtu, 3 Desember 2022.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Hal itu disampaikan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat.

Namun BPBD masih melakukan pendataan terkait gempa magnitudo 6.4 yang terpusat di Barat Daya Kabupaten Garut karena dirasakan cukup kencang warga di wilayah selatan Cianjur, sejumlah rumah dilaporkan rusak.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo saat dihubungi Sabtu, mengatakan selang beberapa saat gempa yang kembali membuat warga Cianjur berhamburan ke luar rumah termasuk di wilayah selatan, menyebabkan sejumlah bangunan mulai dari rumah warga, sekolah dan kantor desa di Kecamatan Cidaun rusak.

"Kami sudah mengirim petugas ke lokasi, namun laporan dari Relawan Tangguh Bencana, dampak gempa Garut, membuat bangunan rumah, sekolah dan kantor desa mengalami kerusakan, sebagian besar mengalami retak dan kaca pecah," katanya dikutip dari tvOne, Sabtu, 3 Desember 2022.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun hingga Sabtu petang warga masih bertahan di luar rumah karena takut gempa susulan kembali terjadi.

Sedangkan di titik gempa Cianjur, ungkap Rudi, pihaknya masih melakukan pendataan apakah kembali terdampak atau tidak.

Halaman Selanjutnya
img_title