Desas-desus Jakarta Akan Tenggelam

Viral Air Laut Lebih Tinggi dari daratan di Jakarta Utara
Sumber :
  • Tim Tvone

BANDUNG – DKI Jakarta merupakan kota metropolitan yang berbatasan dengan Banten dan Jawa Barat. Selain itu, Jakarta juga berbatasan dengan laut Jawa di utara. Selain itu Kepulauan Seribu juga masih masuk ke dalam administrasi Jakarta.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

DKI Jakarta sendiri sebenarnya berada di posisi tanah yang rendah. Hal ini membuat Jakarta terkadang seringkali terjadi banjir. Dan hal ini diperkirakan sudah menjadi masalah sejak dahulu, bahkan pemerintah Hindia-Belanda pernah mengakali banjir ini dengan dibuatnya kanal-kanal seperti yang mereka lakukan di Amsterdam dan wilayah lainnya di Belanda.

Namun yang belakangan jadi sorotan dan kerap diperbincangkan justru tinggi air laut di pesisir utara Jakarta. Dalam beberapa waktu ini, ada beberapa video yang menunjukkan kalau air laut di Jakarta lebih tinggi dari daratan. Air dan daratan itu hanya dibatasi oleh tanggul.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Bahkan beberapa ada yang sampai rembes airnya. Ketika sedang pasang dan terjadi ombak, cipratannya bahkan sampai melewati tanggul. Akibat banyaknya video yang beredar dan membuat narasi seolah-olah Jakarta akan tenggelam, isu yang sudah lama diperbincangkan ini pun akhirnya naik lagi.

Apakah benar Jakarta Akan Tenggelam?

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 18 April 2024

Memang benar ada penelitian yang menunjukkan bahwa dalam beberapa puluh tahun ke depan akan ada kota-kota dan pulau yang tenggelam karena air laut yang semakin tinggi akibat dari pemanasan global. Tapi, apakah Jakarta salah satunya? Belum tentu.

Karena beberapa warga sendiri ada yang mengatakan kalau hal ini wajar terjadi di setiap tahunnya. Menurut mereka beberapa wilayah di pesisir Jakarta Utara memang memiliki kenaikan tinggi air laut di saat musim hujan seperti ini.

Halaman Selanjutnya
img_title