Kepopuleran Jokowi dan Prabowo Cuma Selisih 1 Persen

Prabowo dan Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

BANDUNG – Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi tokoh yang paling populer di kalangan generasi Z setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal tersebut dilaporkan dari  hasil terbaru penelitian IDN Riset Institute.

Alasan Untung Cahyono Kritik Pemerintah Saat Khutbah Sholat Ied: Karena Ajaran Islam

Dalam riset IDN, sub penelitian mengenai pandangan politik (political view). Terdapat tiga tokoh politik yang masih tiga besar terpopuler di kalangan generasi Z merujuk penelitian tersebut. 

Ketiga tokoh terpopuler itu Jokowi dengan 18 persen, Prabowo 17 persen, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 12 persen. Dari data itu, Jokowi dan Prabowo hanya terpaut tipis 1 persen.

Di Luar Dugaan! Ini Alasan Untung Cahyono Khutbah Sholat Ied Singgung Kecurangan Pemilu

Riset itu menulis generasi Z mencari pemimpin dengan kriteria yang salah satunya punya visi jelas untuk negara.

"Integritas sehingga mereka tidak akan korupsi, dan pengalaman politik," demikian laporan IDN Riset Institute yang dikutip pada Jumat, 23 Desember 2022.

Sempat Viral Karena Materi Khutbah Sholat Ied Bernuansa Politik, Untung Cahyono Akhirnya Minta Maaf

Riset tersebut juga menyampaikan kapabilitas seorang pemimpin atau kandidat yang dinilai lebih signifikan. Hal ini untuk mengamankan suara dibandingkan dengan faktor latar belakang, agama, popularitas, etnis, dan bahkan politik.

Dalam penelitian yang dilakukan IDN Riset Institute berkolaborasi dengan Populix. Populix gunakan metode kuantitatif dengan menggunakan random sampling di 12 kota di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title