BMKG Peringatkan 30 Desember 2022 Jabodetabek Dilanda Hujan Ekstrem

ilustrasi cuaca hujan
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan potensi hujan ekstrem yang akan melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 30 Desember 2022, berdasarkan hasil prakiraan cuaca dengan metode pemodelan.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Dalam pemodelan BMKG, wilayah yang ditandai dengan warna merah tua dan oranye, seperti halnya di Jabodetabek, diprakirakan mengalami hujan ekstrem di atas 150 milimeter per hari.

"BMKG menyampaikan nanti tanggal 30, prakiraan kita kemungkinan akan cuaca buruk melanda Indonesia, di wilayah Jawa Barat, Jabodetabek, itu hujan ekstrem di atas 150," kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam jumpa pers virtual, Selasa, 27 Desember 2022.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Di sisi lain, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab menjelaskan, potensi hujan sangat lebat memang diperkirakan terjadi pada 30 Desember 2022. Namun, bukan berarti pada 28-29 Desember, wilayah Jabodetabek tidak dilanda hujan.

Hujan lebat di H-2 lebaran

Photo :
  • Pixabay
Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Tetap ada potensi hujan yang terjadi pada 28-29 Desember, katanya, namun dengan potensi ringan hingga lebat. Begitu pula pada 29 Desember 2022, hujan lebat diperkirakan cenderung turun di utara laut Jawa.

"Jadi, melengkapi yang disampaikan, bahwa untuk wilayah Jabodetabek potensi hujan dari hasil pemodelan yang kami lakukan itu potensinya ada di tanggal 30 Desember. Di gambar baris kedua paling kiri itu Jabodetabek itu sudah kategori sangat lebat, sementara tanggal 28 Desember dalam kategori ringan hingga sedang dan tanggal 29 Desember cenderung sedang dan hujan lebatnya di laut utara, laut Jawa," kata Fachri.

Halaman Selanjutnya
img_title