Cara Ganjar Pranowo Peduli Petani Buah-buahan di Bandung

Relawan Ganjar di Kabupaten Bandung
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG - Relawan Ganjar Pranowo Kabupaten Bandung membagikan 2 ribu bibit buah-buahan kepada para petani di Desa Mekarmanik Cimenyan pada hari Kamis, 5 Januari 2023. 

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 28 Maret 2024

Pembagian bibit ini menurut Koordinator Pelaksana, Bah Enjoem dimaksudkan agar para petani mendapatkan bibit yang dibutuhkan. Terdapat 120 warga penerima bibit buah-buahan yang hadir secara langsung dan terdapat 160 warga lain yang menerima bibit pada hari lain.

“Kami mendengar petani di sini membutuhkan bibit buah-buahan untuk memperbaiki pertanian. Mereka merasa kurang maksimal jika hanya bertani sayuran. Mereka ingin menambah bibit jenis lain dan bibit buah-buahan sangat cocok berkembang di Desa Mekarmanik,” kata Bah Enjoem dalam keterangannya, Minggu 8 Januari 2023.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 28 Maret Februari 202

Menurut Enjoem, Ganjar Pranowo mendengar masukan dari para relawan di Bandung yang ingin bergiat untuk memperbaiki gizi dan memperbaiki kerusakan lingkungan. Enjoem pun menyampaikan maksudnya untuk kegiatan politiknya agar lebih bermanfaat ketimbang sekadar mencari dukungan.

“Saya kira gerakan politik harus memperbaiki diri. Salahsatu caranya ialah memberikan kail. Bibit tanaman ini saya ibaratkan kail karena akan menjadi alat kerja petani alias alat produksi. Bukan hanya alat produksi ekonomi melainkan alat produksi ekologi. Sifatnya juga jangka panjang,” kata Enjoem.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Rabu 27 Maret 2024

Enjoem melanjutkan, dengan menyebarkan bibit buah-buahan yang siap tanam dan hasil dari okulasi, para petani akan lebih cepat memanen buahnya. Mereka akan mendapatkan manfaat yang banyak dengan mendapatkan gizi keluarga, meningkatkan pendapatan ekonomi, memperbaiki sumber air, mencegah erosi dan tentu saja memperbaiki udara.

Seorang petani perempuan penerima bibit bernama Rismayanti (26 tahun) merasa senang karena mendapatkan lima bibit durian yang ia inginkan sejak lama. Selain itu ia juga mendapatkan tiga bibit matoa, dua buah bibit sawo, tiga bibit nangka cempedak, dua bibit jeruk dekopon. Ia akan menanamnya di ladang yang konturnya miring dan selama ini sering erosi.

Halaman Selanjutnya
img_title