Kata AHY, Sistem Pemilu Proporsional Tertutup akan Merampas Hak Rakyat

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai
Sumber :
  • viva.co.id

Bandung – Secara tegas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan bahwa partai Demokrat sejak awal menolak wacana sistem pemilu proporsional tertutup. Menurutnya, sistem tersebut akan merampas hak-hak rakyat dalam memilih wakil rakyatnya.

Istana Beberkan Isi Obrolan Jokowi-Surya Paloh, Salah Satunya Soal Pemilu

Dikutip dari viva.co.id, politisi partai Demokrat itu mengungkapkan bahwa menggunakan hak memilih calon wakil rakyat tidaklah seperti membeli kucing dalam karung.

"Jangan sampai ada hak rakyat dalam kehidupan demokrasi ini yang dirampas. Jika terjadi sistem pemilu tertutup, maka rakyat tidak bisa memilih secara langsung wakil-wakil rakyatnya. Padahal, kita ingin semua menggunakan haknya dan tidak seperti membeli kucing dalam karung," kata putra Susilo Bambang Yudhoyono tersebut pada konferensi pers pertemuan Ketum dan elite parpol di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, 8 Januari 2023 kemaren.

Raup Suara Terbanyak, Ini yang Akan Komeng Lakukan Jika Terpilih Jadi Anggota DPD RI

AHY berharap setiap kader partai politik punya ruang dan peluang yang adil melalui sistem proporsional terbuka.

"Dengan sistem pemilu proporsional terbuka tentu kita berharap setiap kader partai politik juga punya ruang, punya peluang yang adil," ujar AHY. 

Gak Perlu Ribet, Begini Cara Mudah Cek DPT Online Lewat HP

"Jangan sampai mereka yang berjibaku, berusaha, berjuang untuk mendapatkan suara kemudian rontok semangatnya karena berubah sistem," imbuhnya.