Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H hari Ini, Cek Jadwalnya

Pemantauan hilal penetuan 1 syawal 1443 Hijriah
Sumber :
  • Viva / M. Ali Wafa

BandungKementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1443 H, pada Minggu, 1 Mei 2022 petang di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Sidang tersebut akan didahului proses pengamatan hilal atau rukyatul hilal di 99 titik lokasi di Indonesia yang telah ditentukan Kemenag.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan sidang Isbat penetapan 1 Syawal akan dilakukan dengan dua metode, yakni hisab dan rukyat.

Kemenag Glontorkan Dana Tunjangan Hari Raya Bagi Guru PAI, Anggarannya Capai Rp6 Triliun

Pertama, secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.  

Kemudian, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), yaitu di atas 3 derajat.

Ini Alasan Kemenag Larang Penggunaan Pengeras Suara saat Tadarus, Gus Miftah Tak Terima

Kedua, hasil rukyatul hilal baru akan diumumkan saat Kemenag bersama Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain selesai memantau hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H,” ujar Kamaruddin.

Halaman Selanjutnya
img_title