Jabar Urutan Keempat Tingkat Kerawanan Pemilu 2024

Zaki Hilmi
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Indeks kerawanan pemilu (IKP) Jawa Barat termasuk dalam kategori tinggi, yakni berada di urutan nomor 4 tingkat nasional. Potensinya diprediksi bakal meningkat pada kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Daftar Polisi Bintara 2024 Sekarang Juga, Ini Syarat dan Cara Daftarnya: Dijamin Lulus!

Sementara tingkat kerawanan Pemilu 2024 paling tinggi dipegang oleh DKI Jakarta. Lalu di urutan kedua hingga lima diisi oleh Sulawesi Utara, Maluku Utara, Jabar, dan Kalimantan Timur.

Yang menjadi tolak ukur adanya tingkatakan kerawan itu dilihat dari empat dimensi. Yaitu konflik sosial politik, penyelenggaraan, kontestasi dan partisipasi.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

"Ternyata Jabar paling peringkat tertingginya dari kontestasi. Di mana soal hak dipilih kemudian pelaksanaan kampanye," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyakarat (P2M) Bawaslu Jabar, Zaki Hilmi, Kamis, 2 Februari 2023.

"Hak dipilih menyangkut soal isu perempuan sebagai calon pemimpin maupun penolakan calon pemimpin berdasarkan isu SARA. Lalu, dari sisi kampanye adalah informasi hoaks, black campaign (kampanye hitam), penggunaan fasilitas negara, netralitas ASN, TNI dan Polri lalu soal money politik," lanjutnya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Menyikapi hal tersebut, Bawaslu Jabar pun telah menyiapkan strategi kusus, seperti bekerja sama dengan perusahaan media sosial.

Kerjasama itu dilakukan guna menarik unggahan dari akun yang memproduksi ujaran kebencian, isu SARA atau politik identitas.

Halaman Selanjutnya
img_title