Komnas PA: Purwakarta Belum Ramah Anak

Ilustrasi tawuran pelajar
Sumber :
  • ANTARA

BANDUNG – Kasus kriminalitas dan kekerasan terhadap anak masih terjadi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Karena itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyebutkan kalau Kabupaten Purwakarta belum bisa dikatakan daerah atau kota ramah anak.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 3 Mei 2024

"Purwakarta belum bisa dibilang kabupaten ramah anak karena tingkar kriminalitas dan itu prilakunya anak-anak jadi memang belum menjadi ramah anak. Ini menjadi PR bagi pemerintah Kabupaten Purwakarta," ujar Dewan Pengawas dan Komite Etik Komnas PA, Bimasena kepada wartawan pada Jumat, 3 Februari 2023.

Purwakarta bukan daerah ramah anak dikarenakan banyaknya kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak, seperti yang terbaru kasus kerusuhan geng motor hingga menyebabkan warga meninggal dunia. Para pelaku rata-rata masih di bawa umur.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 3 Mei 2024

Bimasena mengatakan, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak kepolisian serta TNI guna terhindar dari tindakan kriminal.

"Tentu menciptakan wilayah yang kondusif merupakan PR di berbagai wilayah, jadi dengan kolaborasi serta TNI bisa menciptakan Kabupaten Purwakarta sebagai kota ramah anak," jelasnya.

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Bey Machmudin Gaungkan Merdeka Belajar di Jawa Barat

Selain itu, perlu adanya kepedulian dari pihak terkait, jangan sampai ada pembiaran hingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

"Pemkab Purwakarta perlu melakukan upaya-upaya masif bersama stakeholder terkait," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title