Gempa 7,8 SR Guncang Turki, 76 Orang di Tujuh Provinsi Tewas 440 Alami Luka-luka

Pray For Turki
Sumber :
  • Instagram

Bandung –  Korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang melanda Turki bagian selatan dan Suriah bagian utara, bertambah menjadi 360 orang, pada Senin pagi, 6 Februari 2023. 

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo: Anda akan Memberi Manfaat Untuk Dunia Islam

Gempa tersebut merobohkan bangunan dan membuat orang-orang tertimpa bangunan sehingga proses pencarian korban selamat di reruntuhan gedung menjadi cukup sulit. Selain korban tewas, korban luka-luka juga dikonfirmasi mencapai ratusan orang.

Melansir VIVA Bandung dari AP, Senin, 6 Februari 2023, saat gempa terjadi di kedua sisi perbatasan, penduduk tersentak dari tidurnya oleh getaran hebat dari gempa tersebut. 

Kasus Kematian Anggota TNI Praka Supriyadi Memasuki Babak Baru, Polisi Cari Wanita Berinisial W

Gempa diketahui terjadi sekitar pukul 04.00 pagi, beberapa jam sebelum fajar. Puluhan bangunan runtuh di kota-kota di seluruh wilayah perbatasan.

Petugas penyelamat dan penduduk dengan panik mencari korban selamat di bawah puing-puing bangunan yang hancur di beberapa kota perbatasan tersebut. Di kota Adana, Turki, para saksi mengatakan mereka mendengar seseorang meminta bantuan dari bawah reruntuhan bangunan. "Saya tidak punya kekuatan untuk melanjutkan," ujar orang itu.

Profil Salwan Momika, Atheis Liberal yang Bakar dan Injak Al-Quran di Hari Idul Adha

Lebih jauh ke timur di Diyarbakir, derek dan tim penyelamat bekerja di gedung beton yang dulunya merupakan gedung apartemen. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang dilanda gempa.

"Tim pencarian dan penyelamatan segera berada di daerah yang dilanda gempa," katanya dalam Twitter. “Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
img_title