Terbaru, Jokowi Relokasi Pemukiman Warga, Buffer Zone Bukan Solusi

Jokowi Cek Lokasi Buffer Zone
Sumber :
  • Tvonenews

Viva Bandung – Wacana tentang kebutuhan "buffer zone" atau area penyangga kembali  mencuat sesudah peristiwa kebakaran terjadi pada Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam (3/3).

Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo mengungkapkan kondisi tanah suatu hambatan pembuatan "buffer zone" yg memisahkan antara Depo Pertamina Plumpang dengan permukiman penduduk pada sekitarnya. 

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan kirinya sungai, tetapi memang belum sampai kepada titik mencarikan solusi untuk penduduk yang ada di situ. Tanah merahnya ini kan padat dan penuh," kata Presiden, Minggu (5/3/2023). 

Sosok Arie Febriant, Pemobil yang Parkir Sembarangan hingga Ludahi Pengendara Lain

Presiden menjelaskan, pada 2009, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan buffer zone dengan jarak 50 meter antara depo dan pemukiman warga.

Usulan tersebut didasari oleh ledakan di Deposit Pertamina Plumpang pada tahun 2009 yang mengakibatkan kebakaran di rumah-rumah penduduk. Presiden Jokowi menegaskan akan terus mencari solusi, karena keselamatan masyarakat adalah prioritas utama.   

Profil Arie Febriant, Karyawan Pertamina yang Ludahi Pengendara Mobil

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • Ridwan Putra/VIVA.co.id

"Semuanya harus dicarikan solusi. Saya kira keamanan masyarakat dan keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama," kata Presiden.

Halaman Selanjutnya
img_title