Nasib Rafael Alun Trisambodo Kini,Ayah Mario Dandy Resmi dipecat Dari ASN

Rafael Alu
Sumber :
  • viva.co.id

Bandung – Mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy, sudah resmi dipecat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Update! Penyaluran THR ASN di 12 Daerah Ini Sudah Diterima, Jumlahnya Fantastis

Dengan itu, dipastikan bahwa Rafael tidak akan menerima uang pensiun. Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan, dari pemeriksaan Rafael juga terbukti bahwa dia telah melakukan pelanggaran berat.

"Jadi kalau ini kesimpulan dari hasil investigasi ini ada pelanggaran, dan itu pelanggaran berat. Maka itu konsekuensinya adalah pecat dan tidak dapat pensiun," tegas Heru dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Maret 2023.

Cek Saldo Anda! Sri Mulyani Salurkan Anggaran Rp13,4 Triliun untuk THR ASN, TNI/Polri dan Pensiunan

Sementara itu, Inspektorat Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh mengatakan, dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Rafael terbukti melakukan pelanggaran berat.

"(Pemeriksaan) udah kami selesaikan, terbukti yang bersangkutan, melakukan pelanggaran berat," ujar Awan. Awan mengatakan, keputusan itu dilakukan setelah ditemukan bukti dalam audit yang menunjukkan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh Rafael.

Eks KSAD Dudung Singgung Soal Tuduhan Aparat Tak Netral: Megawati Tendensius, Tidak Mendasar

"Dari hasil atau temuan bukti dalam audit investasi itu Inspektorat atau Irjen merekomendasikan untuk memecat saudara RAT. Usulan sudah disampaikan dan Ibu Menteri (Sri Mulyani) sudah menyetujuinya," ujarnya. Awan menjelaskan, keputusan pencopotan itu diantaranya Rafael telah terbukti tidak menunjukkan integritas, keteladanan, perilaku ucapan dan tindakan kepada setiap orang. Baik di dalam maupun luar kedinasan.

"Dengan tidak melaporkan LHKPN secara benar, tidak patuh terhadap pelaporan, dan pembayaran pajak. Serta memiliki gaya hidup pribadi dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan azas kepatutan dan kepantasan sebagai ASN," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title