Ini Kriteria Penentuan Awal Ramadan yang Disepakati 4 Negara Asia Tenggara

Niat puasa ramadan
Sumber :
  • viva.co.id

Bandung – Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) telah sepakat menentukan kriteria bahwa imkanur hilal dianggap sah apabila posisi hilal sudah memenuhi syarat.

Sempat Dijuluki Lionel Messi dari Asia, Begini Nasib Andik Vermansah Sekarang

Syarat yang disepakati adalah posisi hilal harus mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Artinya, apabila ketinggian dari penampakan bulan di bawah 3 derajat maka hitungan bulan belum berakhir dan belum memasuki hitungan bulan baru.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu hasil pemantauan atau rukyatul hilal.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 500.000 Hari Ini, Klik Link 'Berkah Ramadan'

Kamaruddin juga mengatakan Kementerian Agama Indonesia telah menentukan 124 titik di seluruh wilayah Indonesia sebagai lokasi pemantauan terhadap hilal.

“Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia," ucapnya.

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

"Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. Bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kamaruddin juga menerangkan hasil dari pemantauan hilal tersebut akan dilaporkan dan akan menjadi pertimbangan dalam sidang isbat.

Halaman Selanjutnya
img_title