Heboh, Ustadz Khalid Basalamah Sempat Dituding Haramkan Pajak

Ustadz Khalid Basalamah
Sumber :
  • YouTube

VIVA Bandung – Ustadz Khalid Basalamah sempat menghebohkan publik usai dirinya diklaim mengharamkan pajak negara. Hal itu diketahui dalam potongan video ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang kembali viral di media sosial. 

Ustadz Khalid Basalamah Bicara Tentang Poligami: Sunah Nabi SAW

Video itu diunggah akun Twitter @RonalLampard8 dengan narasi 'Pajak Negara Dianggap Haram Oleh Ustad Khalid Basalamah, Waduh!' 

Saat itu, dia menjawab pertanyaan jamaah seputar 'Bagaimana hukumnya pajak dalam Islam? Apakah negara Saudi ikut menerapkan hukum pajak dikarenakan ikut negara Barat? Jika tidak ada pajak di negeri Islam, darimana dana dalam menjalankan pemerintahan?'

Ustaz Khalid Basalamah Larang Beli Baju Lebaran di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ini Alasannya

"Teman-teman sekalian, dalam Islam ini tidak boleh mengambil sesuatu dengan cara paksa. Zalim namanya," kata Ustaz Khalid Basalamah di awal pernyataannya menjawab jamaah, dikutip dari VIVA, Rabu (21/03/2023).

Lalu Ustadz Khalid Basalamah menerangkan pada jamaahnya bahwa realitanya soal pajak yang dibebankan negara kepada warga negara, tidak selamanya didasarkan karena kesukarelaan. Bahkan ketika warga negara disodorkan pilihan membayar pajak atau tidak membayar pajak, maka kebanyakan menjawab tidak bayar pajak. 

Heboh! THR Bakal Kena Potongan Pajak Lebih Besar, DJP Ungkap Alasannya

"Kalau disuruh pilih makan di restoran dengan membayar pajak 10 persen, dengan tidak bayar mana yang Anda pilih? Artinya kalau orang bayar pajak 10 persen itu dipaksa. Ini tidak boleh mengambil harta seorang muslim secara paksa. Ini sebabnya sebagian besar ulama mengharamkan. Kecuali kalau strateginya sama seperti Nabi SAW," paparnya.

Menurutnya, strategi Nabi Muhammad SAW ketika mau membentuk pasukan jihad atau ada yang pihak yang membutuhkan, maka Nabi SAW mengiklankan kepada para sahabat siapa yang ingin berbagi sedekah atau ingin menyumbang.

Halaman Selanjutnya
img_title