Jadwal Imsakiyah dan Subuh Hari Ini Minggu 03 April 2023

Jadwal Imsak beberapa Kota hari ini
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Seluruh umat Islam di Indonesia akan menjalani hari ke-4 puasa Ramadan 1444 Hijriah pada hari ini, Senin (03/4). Untuk itu, sangat penting dalam mengetahui kapan waktu imsak dan Salat Subuh sepanjang Bulan Suci ini.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 500.000 Hari Ini, Klik Link 'Berkah Ramadan'

Imsak merupakan waktu penanda bagi umat Islam untuk mulai menahan dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, atau penanda dimulainya ibadah puasa yang akan berlangsung selama kurang lebih 13 jam di Indonesia.

Adapun waktu imsak yakni 10 menit sebelum azan Salat Subuh berkumandang. Melansir dari Situs https://bimasislam.kemenag.go.id mencantumkan jadwal imsak yang dihitung sebelum waktu Subuh.

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

Situs Kemenag menjelaskan penentuan waktu imsak berdasarkan hadis yang menyebut jarak waktu Rasulullah SAW berhenti makan menjelang Subuh.

Waktu imsak untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya jatuh pada pukul 04.30 WIB. Sementara waktu Subuh pukul 04.40 WIB. Berikutnya, di Kota Bandung, waktu imsak tiga menit lebih cepat dari Jakarta pada pukul 04.27 WIB, dan waktu Subuh 04.37 WIB.

Ustaz Khalid Basalamah Larang Beli Baju Lebaran di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ini Alasannya

Di Kota Semarang, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, waktu imsak sama-sama dimulai pukul 04.16 WIB dan waktu Subuh 04.26 WIB.

Kemudian, di Surabaya, Jawa Timur, waktu imsak pukul 04.07 WIB dan azan subuh akan berkumandang pada pukul 04.17 WIB.

Halaman Selanjutnya
img_title