Langkah Cepat Atasi PMK, Pemerintah Beli yang Tertular Lalu Musnahkan

Ilustrasi hewan ternak
Sumber :
  • Pixabay / 12019

BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menilai, langkah cepat untuk atasi masalah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak adalah dengan cara memusnahkannya.

Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Siapkan Ini ke Para Pemudik

Dari pada menunggu vaksin yang baru saja diproses, lebih baik pemerintah membeli hewan ternak yang tertular PMK dari para peternak kemudian dimusnahkan.

Jika menunggu vaksin selesai, keburu hewan ternak banyak yang tertular, apalagi penyakit ini cukup cepat penularannya.

Sahabat Ungkap Penyakit Aneh yang Diderita Stevie Agnecya: Sudah Bertahun-tahun

"Saat ini ternak sapi yang terkena PMK belum banyak. Yaitu di Aceh dan Jatim. Langkah cepat mengatasi masalah ini, pemerintah beli saja sapi itu dari peternak dan musnahkan," kata Dedi Mulyadi dalam keterangannya pada Kamis, 12 Mei 2022.

Kemudian, Dedi pun meragukan tingkat kedisiplinan peternak untuk tidak menjual sapi yang tertular PMK ke luar daerah.

Sempat Konsultasikan Ini ke Hard Gumay, Stevie Agnecya Bicara Soal Santet?

"Siapa bisa menjamin dan mengawasi sapi dari Jatim yang kena PMK tak dijual ke Jabar atau lainnya. Padahal penyakit PMK ini sangat cepat penyebarannya," jelasnya.

Selanjutnya, alasan Dedi menyarankan beli dan musnahkan yakni untuk menenangkan keresahan publik. Saat ini, masyarakat tengah bersiap-siap untuk menghadapi Idul Adha. Dengan munculnya kasus itu, ditakutkan masyarakat menjadi ragu dan cemas soal kesehatan hewan kurban. Takut daging yang dijual atau menjadi hewan kurban terkontaminasi penyakit tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title