Uang Penipuan QRIS di Masjid Bisa Kembali? Begini Kata Bank Indonesia

Barcode qris yang ditempel di dinding Masjid Raya Bintaro
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Bandung – Saat ini heboh di media sosial soal penyalahgunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang digunakan sebagai sarana penipuan. Pasalnya, QRIS tersebut ditempel seolah-olah sebagai tempat infak masjid, padahal QRIS tersebut merupakan milik pribadi.

Cara Klaim Saldo DANA Gratis Mudah Terbaru, Tanpa Aplikasi Penghasil Uang

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan, atas kejadian itu pihaknya tidak dapat memberikan jaminan uang yang sudah masuk akan kembali.

"Kami tidak bisa memberikan jaminan uang itu akan kembali. Tapi ini kan sudah diproses karena sudah diumumkan tersangkanya," kata Erwin di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

3 Game Seru yang Bisa Hasilkan Saldo DANA Gratis, Ada Balapan Mobil

Dengan kejadian itu, Erwin menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi di dalam aplikasi pada saat memindai QRIS. Hal itu antara lain dengan memastikan nama pedagang atau merchant yang tercantum di dalam aplikasi memang benar.

"Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan transaksi apabila menemukan kejanggalan atau informasi yang tidak sesuai dengan profil pedagang/merchant yang menerima pembayaran atau informasi transaksi yang tidak sesuai dengan tujuan pembayaran," jelasnya.

Selamat! Anda Berhak Mendatkan Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu, Ikuti Langkah-langkah Ini

Erwin juga mengingatkan, kepada Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) agar dapat meningkatkan keamanan transaksi QRIS.

"Untuk itu, BI mengharapkan PJP melaksanakan pedoman tersebut. Diharapkan dapat memastikan keamanan QRIS yang ditampilkan agar tidak dapat diganti atau dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title