Jangan Sampai Salah, Ini Tata Cara Salat Idul Fitri yang Baik dan Benar

Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA BandungSalat Idul Fitri, juga dikenal sebagai Salat al-Eid atau Salat al-Fitr, adalah salah satu ibadah salat yang dilaksanakan oleh umat Muslim pada hari raya Idul Fitri, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah. Salat Idul Fitri merupakan salah satu momen penting dalam agama Islam yang dirayakan sebagai tanda berakhirnya bulan suci Ramadan dan sebagai ajang untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas nikmat dan karunia-Nya.

Bukan Karena Ceramah Politik, Untung Cahyono Ungkap Alasan Jamaah Sholat Ied Membubarkan Diri

Salat Idul Fitri biasanya dilakukan di pagi hari, setelah terbit matahari, dan diikuti oleh jamaah Muslim yang berkumpul di masjid atau tempat yang ditentukan untuk melaksanakan salat berjamaah. Salat Idul Fitri memiliki tata cara dan doa yang khusus yang berbeda dari salat-salat fardhu atau sunnah lainnya dalam agama Isla

Tata cara salat Idul Fitri yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

Sempat Viral Karena Materi Khutbah Sholat Ied Bernuansa Politik, Untung Cahyono Akhirnya Minta Maaf

1. Niat

Mengucapkan niat dalam hati untuk melaksanakan salat Idul Fitri, misalnya "Aku niat melaksanakan salat Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta'ala".

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Takbiratul Ihram: Mengangkat tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan takbiratul ihram, yaitu mengucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar).

2. Membaca doa Iftitah

Halaman Selanjutnya
img_title