Waspada! WhatsApp Anda Akan Eror Jika Klik Link 'Wa.me/settings'

Ilustrasi, WhatsApp Web
Ilustrasi, WhatsApp Web
Sumber :
  • Pixabay / geralt

VIVA Bandung – Aplikasi WhatsApp dikabarkan mengalami crash karena sebuah link yang beredar di media sosial, yakni wa.me/settings'. Link tersebut disebutkan bisa membuat aplikasi di Android eror.

"Fitur baru WhatsApp coba lu ketik wa.me/settings terus kirim ke temen lu atau grup," kata seorang pengguna Facebook yang di-sceeenshot akun Twitter @tanyakanrl, dikutip dari VIVA pada Selasa, (31/5/2023). 

Dalam unggahan itu, diberi keterangan untuk tidak mencobanya, sebab akan membuat pengguna WhatsApp keluar dari aplikasi atau kembali ke menu dengan keterangan 'WhatsApp terus berhenti'. 

Namun, dijelaskan juga hal itu terjadi pada pengguna Android saja. Pengguna iPhone tidak mengalami eror tersebut.

"Kok gw coba ga terjadi apa-apa sih. Apa khusus user Android aja?" tanya akun Twitter @c0mbra1n.

Peneliti keamanan siber, Alfons Tanujaya mengakatakan, link Wa.me/settings membuat pengguna tidak bisa mengakses aplikasi karena WhatsApp akan menutup dengan sendirinya dan kembali ke menu.

Adapun cara mengatasinya adalah dengan masuk ke WhatsApp Web. Pengguna bisa melakukan cara ini dengan perangkat laptop atau komputer. Kemudian hapus teks wa.me/settings yang ada di WhatsApp dan setelah itu aplikasi akan kembali normal.

Halaman Selanjutnya
img_title