Fenomena Full Moon dan Perigee, BMKG: Waspada Banjir Rob untuk Wilayah Pesisir

Banjir Rob
Sumber :

Bandung

Bersiap Hadapi El Nino, BMKG: Masyarakat Sebaiknya Menghemat Air

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi bahwa pada tanggal 3 Juni nanti, akan ada fenomena fase Bulan Purnama (full moon). Fenomena ini hampir bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi yang terjadi pada tanggal 6 Juni. Keadaan ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Eko Prasetyo, Kepala Pusat Meteorologi Maritim menerangkan, “Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia."

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 23 Februari 2023

Pesisir Indonesia yang patut mewaspadai banjir rob adalah Pesisir Aceh, Pesisir Utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, serta Pesisir Sulawesi Utara.

Selanjutnya, ada pula Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Maluku, Pesisir Lampung, Pesisir Jawa Timur da Pesisir Bali. Kemudian juga, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir NTB, Pesisir Bangka Belitung, Pesisir Papua Selatan, Pesisir NTT dan Pesisir Banten. 

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 23 Februari 2023

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” kata Eko.