Mengenal Sersan Mayor Riadi, Babinsa yang Dicintai Masyarakat Maluku

Serma Riadi
Sumber :

Viva Bandung – Sersan Mayor (Serma) Mohammad Riadi adalah seorang pembina desa (Babinsa) yang ditugaskan di Hote, Warsama, Buru Selatan, Maluku. Nama ini cukup akrab di telinga masyarakat karena sosoknya yang sangat dicintai oleh anak-anak.

Dapat dukungan Warga, Habib Bahar Siap Berantas Dukun Berkedok Agama

Pada tanggal 12 Januari 2023 lalu, Serma Riadi dipindahtugaskan kembali ke Bangkalan, Madura, tanah kelahirannya. Ketika itu, suasana haru mengiringi keperigannya. Bahkan sejumlah anak-anak menangis kehilangan sosok Serma Riadi.

“Om Tentara, kenapa tinggalkan kami di sini. Siapa lagi yang bisa ajar kami mengaji. Kami mau Om Tentara cepat pulang,” ujar Mumang Umanailo, salah satu anak asuh Riadi, dikutip laman TNI Angkatan Darat, Senin 5 Juni 2023.

Ternyata Ini Profesi Calon Mertua Ayu Ting Ting, Bukan Kaleng-kaleng

Sabtu, 27 Mei 2023 lalu, harapan Serma Riadi untuk kembali ke Maluku bisa terkabul. Dia mendapat restu secara langsung dari Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf untuk melanjutkan pengabdiannya di Hote.

Kedatangan Serma Riadi ke Maluku pun disambut dengan tangis dari anak-anak yang meerindukannya, Keakraban antara Serma Riadi dan anak-anak di desa terlihat sangat jelas ketika mereka saling berpelukan.

Menggila! Israel Diduga Curi Organ Jenazah Warga Palestina, Termasuk di RS Indonesia Gaza

“Mereka kaget saya kembali lagi ke sana, karena memang saya tak bilang-bilang mau pulang. Mumang itu paling keras tangisnya, setelahnya barulah tersenyum semringah,” ucap Serma Riadi.

Serma Riadi memutuskan untuk mengajarkan membaca Alquran kepada anak-anak di Hote pada masa pandemi COVID-19 pada tahun 2020 lalu. Selain mengajar ngaji, dia juga mengajarkan membaca dan menulis. Selain itu, Serma Riadi juga membuka perpustakaan yang dinamakan Taman Bacaan Dunia Akherat.

Halaman Selanjutnya
img_title