Tol Cisumdawu Tidak Memakai Tanah untuk Material Badan Jalan, Terkuak Material Penggantinya

Tol Cisumdawu
Sumber :

Viva Bandung – Info menarik dari jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Tol yang menghubungkan Bandung hingga Dawuan ini ternyata memakai busa yang disebut geofoam sebagai material pengganti timbunan tanah di badan jalannya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Postingan di akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar menyebutkan bahwa jalan Tol Cisumdawu adalah jalan tol pertama yang menerapkan teknologi geofoam di Indonesia.

"Jadi, teknologi geofoam ini dipakai sebagai material pengganti untuk timbunan tanah, dan sangat cocok untuk tanah yang labil. Bukan cuma bikin jalan tol lebih kuat, tapi juga cepat dalam proses pembangunannya," sebagaimana dikutip dari postingan @pupr_jalan_dkijabar, Selasa, 6 Juni 2023.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa geofoam adalah material ringan tahan hair yang berbentuk balok besar, serta disusun seperti lego. Material ini bisa menahan beban berat di atasnya.

Geofoam menjadi bahan inovatif yang dipakai untuk menggantikan timbunan tanah di Tol Cisumdawu. Geofoam ini juga ditempatkan di lokasi yang tanahnya labil atau rawan pergerakan.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

"Dia (geofoam) tuh benar-benar serbaguna. Tidak hanya untuk pondasi yang kuat, tapi juga mengurangi beban berlebih di tanah dasar. Makanya jalan tolnya jadi lebih stabil dan aman buat kita semua," tulis akun tersebut.

Teknologi geofoam merupakan terobosan baru di Indonesia, dan tol Cisumdawu adalah proyek jalan tol pertama yang berani mencobanya.