Ribuan Etnis Muslim China Vs Polisi, Masjid Akan Dirobohkan Jadi Pemicunya

Masjid China
Sumber :

Viva Bandung – Ribuan etnis minoritas Muslim China mengepung sebuah masjid di bagian Barat Daya China selama akhir pekan ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah pihak berwenang untuk memindahkan kubah dan menghancurkan masjid tersebut.

Babak Pertama Perebutan Juara 3 Piala Asia: Timnas Indonesia U-23 vs Irak 1-1

Masjid milik kelompok etnis Hui di desa Najiaying, provinsi Yunan akan dirobohkan di tengah kampanye anti-agama yang dilancarkan oleh pimpinan China Xi Jinping.

Kebijakan ini bertujuan untuk membersihkan keyakinan agama dari pengaruh asing. Juga menyelaraskan masyarakat untuk lebih dekat dengan budaya tradisional Tiongkok serta pemerintahan otoriter Partai Komunis yang secara resmi ateis.

Curhatan Shin Tae-yong Jelang Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak

Beberapa tahun terakhir, pemerintah telah menghapus arsitektur muslim dan menghncurkan lebih dri seribu masjid di Hui. Masjid Najiaying menjadi salah satu tempat ibadah terakhir mereka.

Kampanye "sinisasi" datang untuk masjid Nijiaying, yang juga merupakan tempat bersejarah suku Hui. Masjid ini juga merupakan pusat penting bagi budaya Islam di Yunnan, provinsi dengan beragam etnis di perbatasan China dan Asia Tenggara. 

Mainkan 3 Aplikasi Penghasil Uang Ini, Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Tiap Hari

Video yang diposting di media sosial dan geolokasi oleh CNN menunjukkan warga bentrok dengan barisan polisi anti huru hara, yang memblokir pintu masuk ke masjid, dan mendorong massa dengan perisai dan pentungan. 

Warga balas berteriak dengan marah, dengan beberapa botol air dan batu bata dilemparkan ke polisi.  "Ini adalah martabat terakhir kami," kata seorang warga lokal, dikutip dari CNN Internasional, Selasa, 14 Juni 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title