Usai Ibadah Puncak Haji, Para Jemaah Serbu Pasar Murah Kakiyah di Mekkah

Pasar Kakiyah
Sumber :

Viva Bandung – Para jemaah haji yang telah selesai menjalankan rangkaian prosesi haji, mulai dari wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, mabit di Mina, hingga lempar jumroh ke jamarot dan tawaf ifadoh, mereka mulai mengunjungi tempat belanja terkenal di Mekkah, yaitu Pasar Kakiyah.

Ria Ricis Bawa Oleh-oleh untuk Teuku Ryan dari Jepang, Gagal Cerai?

Pasar ini berada di kawasan Ibrahim Al Khalid Rd, sebuah pasar yang ramai dengan kedatangan jemaah haji dari berbagai negara.

Para jemaah haji di Indonesia disambut para pedagang.  "Indonesia, murah-murah mampir dulu ke sini," teriak para pedagang yang hafal betul dengan wajah-wajah pecinta belanja asal Indonesia. 

6 Tips Liburan Low Budget ke Bandung Tanpa Buat Dompet Jebol

Rata-rata para pedagang di sini fasih berbahasa Indonesia. Banyak barang yang dijual dengan harga grosir. Barang yang diburu jemaah mulai dari abaya, kerudung, sajadah, gelang, minyak wangi, hingga aksesoris wanita dan kurma atau coklat. apa pun yang dicari untuk oleh-oleh, ada di sini.

Salah satu jemaah haji asal Indonesia, mengaku berburu kerudung Miss color buat dijadikan oleh-oleh. "Banyak yang titip kerudung Miss Color, motifnya bagus, bahannya lembut dan adem. Di sini harganya lebih murah," kata Nine.

Musim Haji Usai, 77 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi karena Jalani Perawatan di Ru

Miss color ini dijual dengan harga mulai dari 10 Riyal satu kerudung atau setara Rp50 ribu. Namun ada juga yang kualitasnya lebih bagus dijual dengan harga 200 Riyal sebanyak satu lusin. 

Barang belanjaan yang banyak dicari lainnya, adalah sajadah juga surban untuk pria. Harganya bervariasi. Kalau pintar menawar, harganya bisa pas di kantong. 

Halaman Selanjutnya
img_title