18 Kloter Jemaah Haji Mulai Pulang ke Indonesia Hari Ini

Ilustrasi, Ibadah Haji 2022.
Sumber :
  • Pixabay / Konevi

Viva Bandung – Jemaah Haji gelombang pertama mulai pulang ke Indonesia secara bertahap pada hari Selasa, 4 Juli 2023. Jemaah yang akan pulang ini tela menyelesaikan rangkaian tawaf ifadah dan tawaf wada sebagai ibadah penutup selama mereka di Tanah Suci.

Ria Ricis Foto di Mekkah Tanpa Teuku Ryan, Caption-nya Bikin Netizen Heboh

Tawaf Wada’ adalah tawaf perpisahan yang dilakukan sebelum jemaah haji meninggalkan Mekkah.

"Mereka akan diterbangkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah," kata Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa, 3 Juli 2023.

Syahnaz Pakai Hijab Tanpa Paksaan, Ini Reaksi Jeje Govinda

Sebelum mereka diberangkatkan pulang ke Tanah Air, para jemaah lebih dulu melakukan penimbangan bagasi jemaah di hotel masing-masing dua hari sebelum kepulangan.

Fauzin juga menerangkan pemeriksaan bagasi koper jemaah haji menggunakan X-Ray Multiview yang dapat mendeteksi barang-barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat, termasuk air Zamzam.

Doa Jeje untuk Syahnaz di Tanah Suci: Semoga Cepat Pakai Hijab

Ia mengimbau para jemaah haji agar mematuhi ketentuan barang bawaan yang akan dibawa dalam kopernya. Dua maskapai penerbangan haji Indonesia, yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines hanya akan mengangkut barang bawaan jemaah haji berupa tas paspor, koper kabin, dan koper bagasi sesuai standar yang diberikan dan berlogo maskapai.

"Jemaah haji Indonesia berhak membawa koper kabin dengan berat maksimal 7 kg, koper bagasi dengan berat maksimal 32 kg, dan tas paspor," ujar Fauzin

Halaman Selanjutnya
img_title