Ridwan Kamil, Ganjar Anies Buat NasDem Galau Usung Capres 2024

Partai NasDem
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG - Partai Nasional Demokrat (NasDem) diagendakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juni 2022. Dalam agenda itu, NasDem bakal mengusung Calon Presiden (Capres) untuk Pilpres 2024. Beberapa nama yang diamati dalam Rakernas itu di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kader NasDem Rachmat Gobel, Panglima TNI Jendral Andika Perkasa.

Ikut Langkah Megawati, Rizieq Shihab hingga Din Syamsudin Ajukan Diri Sebagai Amicus Curiae ke MK

Pakar Politik Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan menilai, manuver NasDem dalam menentukan pengusungan terhadap satu calon dipastikan lebih awal dibanding partai lain.

"Itu memang karakter Nasdem ya untuk kemudian memunculkan nama - nama diawal. Nah, kemudian kalau terkait nama - namanya tadi, misalnya kalau Anies dan Ganjar memang sudah masuk radar survei sejak lama," ujar Firman kepada wartawan di Bandung, Selasa 31 Mei 2022.

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

Firman menilai, NasDem memiliki kedekatan kuat dengan beberapa figur di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Meski bukan kader, Firman menilai hubungan Anies dengan NasDem memiliki latar belakang yang kuat terutama dengan Ketua NasDem Surya Paloh.

"Pak Anies kan memang punya kedekatan spesial kelitanya dengan NasDem ya sejauh ini selain dengan beberapa partai lain. Jadi, kalau saya pikir kalau nama Anies dan Ganjar tidak aneh ya karena secara elektabilitas juga sudah top three," terangnya.  

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

Firman menilai, situasi akan menjadi rumit ketika NasDem ancang - ancang ingin mengusung Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan. "Nah ini yang berbeda dengan pak Ganjar sebetulnya, kalau pak Ganjar bagaimana pun masihkader PDI, ini tentu harus dilihat nanti kalau PDIP itu tanpa Ganjar," terangnya.

Sedangkan, untuk nama Jendral Andika, menurutnya, diprediksi mampu menaikan elektabilitas karena dikenal banyak publik. "Pak Andika cukup populer, sebetulnya kalau kita lihat hari ini siapa figur militer yang populer di mata publik keliatannya ya Pak Andika kalau kita bandingkan dengan yang lain," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title