Fenomena Upwelling, Puluhan Ton Ikan Mendadak Mati

Ilustrasi ikan
Sumber :
  • Pixabay / heberhard

BANDUNG – Akibat fenomena upwelling beberapa hari ini, puluhan ton ikan milik warga yang berada di kolam jaring apung Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mendadak mati.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 18 Mei 2024

Menurut ilmu perikanan, upwelling merupakan sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermasa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan akibat pegerakan angin di atasnya. Sehingga bisa dikatakan airnya mengandung racun.

"Kalau ikan di kolam saya ada satu ton yang mati, tapi kalau di jumlah dengan petambak lainnya, ada sampai 20 ton lebih," kata petambak Jala Apung Waduk Darma Desa Jagara, Kabupaten Kuningan Suhanda di Kuningan, dikutip dari TV One pada Rabu, 1 Juni 2022.

Lantik Wahyu Mijaya Sebagai Pj Bupati Cirebon, Bey Machmudin Ingatkan Soal Netralitas Kepala Daerah

Kejadian tersebut lanjut Suhanda bukan kali ini saja, namun sudah terjadi beberapa kali, terutama ketika cuaca di waduk tidak ada matahari, dan ini sudah diketahui oleh semua petambak.

Karena hal tersebut, lanjut Suhanda, banyak petambak ikan yang memanen ikannya dan dijual dengan harga murah. Hal itu guna menghindari kerugian lebih besar.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 17 Mei 2024

Pada hari biasa, ikan para petambak di jual Rp25 ribu - Rp30 ribu per kilogram, itu untuk ikan nila dan emas, namun kali ini diobral per kilogram hanya dihargai Rp10 ribu.

"Kami jual murah, dari pada ruginya bertambah, mending dijual," katanya.