Pemimpin Wagner Tewas, Putin Langsung Tinggalkan Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Istimewa

Viva Bandung – Setelah rencana perjalannya awal tahun ini batal karena khawatir ditangkap atas surat perintah kejahatan perang internasional, Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan akan meninggalkan Rusia pada musim gugur ini.

Ikuti 5 Tips Ampuh Ini Agar Mudik Lebaran Nyaman Tanpa Mabuk Perjalanan

Perjalanan yang dia lakukan akan menjadi yang pertama sejak kematian pimpinan tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin yang meninggal dalam kecelakaan pesawat, 23 Agustus 2023 lalu.

Diketahui Putin baru satu kali meninggalkan Rusia sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) memutuskan dirinya bersalah pada bulan Maret atas deportasi dan pemindahan anak-anak Ukraina, melanggar hukum dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia.

Heran dengan Teror ISIS di Russia, Din Syamsuddin Ungkit Jasa Presiden Putin Terhadap Dunia Islam

Namun Moskow membantah tuduhan itu dan bersikeras mereka tidak mengakui yurisdikasi ICC. Kantor berit Rusia, TASS, menulis bahwa Putin akan melakukan perjalanan internasional pada musim gugur ini.

"Ada rencana seperti itu (perjalanan Putin ke luar Moskow). Pada musim gugur. Kami akan memberi tahu Anda pada waktunya."  

Diprediksi Akan Jadi Presiden RI, Begini Pesan Vladimir Putin Untuk Prabowo

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kapan dan ke mana tepatnya Putin akan melakukan perjalanan.

“Untuk alasan yang jelas, kami tidak ingin mengumumkan hal ini sebelumnya,” jelasnya, dikutip dari Newsweek, 28 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title