Faktor Cuaca Jadi Penyebab Harga Sembako di Kota Bandung Naik

Ilustrasi pasar
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Didagin) Kota Bandung menyebut jika cuaca yang tak menentu menjadi salah satu penyebab harga sembako di wilayahnya naik.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Sembako yang mengalami kenaikan harga seperti telur, daging ayam, gula pasir, minyak curah, cabe merah tanjung, cabe rawit, dan bawang merah.

"Setiap seminggu sekali di hari Kamis kami terjun ke tujuh pasar tradisional dan tujuh toko ritel modern untuk memantau komoditas bahan makanan di sana," ujar Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah kepada wartawan, Kamis, 9 Juni 2022.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Elly menyebut komoditas yang mengalami kenakaikan antara lain telur yang sekarang kisarannya Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram, dengan harga acuan seharusnya Rp24 ribu.

Kemudian daging ayam yang harga normalnya Rp35 ribu kini menjadi Rp38 ribu per kilogram. Lalu gula pasir yang kini harganya Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram, di mana harga acuannya Rp13.500.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 25 April 2024

"Dan yang masih bertengger adalah minyak curah. Harusnya Rp15.500 per kilogram, tapi harga tertinggi yang kami temukan Rp18.000. Namun, sekarang di Kota Bandung sudah ada yang jual sesuai HET," ungkapnya.

Sedangkan harga cabe merah tanjung Rp80 ribu per kilogram. Bahkan cabe rawit menyentuh harga Rp100 ribu. Kemudian yang terakhir komoditas mengalami kenaikan harga adalah bawang merah yang berada di harga Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, padahal harga acuannya Rp32 ribu.

Halaman Selanjutnya
img_title