CCTV Jessica Wongso Diduga Direkayasa, Ini Kata Ahli Digital Forensik

Jessica Wongso
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Closed Circuit Television (CCTV) dalam kasus Jessica Wongso ternyata bisa saja direkayasa. Hal itu disampaikan oleh Ahli Digital Forensik, Abimanyu Wachjoewidajat saat berbincang santai dengan dr Richard Lee dalam konten YouTubenya.

Unggah Bukti Foto Penganiayaan, Aghnia Punjabi Nggak Kuat Lihat Kondisi Anak

“Bisa lah, kan cuma kamera, cuma konten, kenapa enggak?” ujar Abimanyu dikutip VIVA Bandung dari Youtube dr Richard Lee, Sabtu (21/10/2023).

“Rekayasa itu banyak. Rekayasa itu bisa secara waktu dia geser. Saat semua rekaman terjadi cropping, itulah terjadi sesuatu yang harusnya natura jadi innatural,” lanjutnya.

Aghnia Punjabi Beberkan Kronologi Dugaan Penganiayaan Terhadap Anaknya

Menurut Abimanyu, rekayasa CCTV bisa dilakukan dari durasi dan kecepatan. Misalnya, saat Jessica Wongso menggaruk celana, ternyata wanita di belakangnya tampak maju mundur seperti gerakan yang di ulang-ulang.

“Durasi bisa diubah, kenceng jadi pelan, durasi bisa diubah jadi maju jadi mundur jadi bolak-balik. Soal garuk-garuk ada permainan disitu,” kata Abimanyu.

Detik-detik Babysitter Aniaya Anak Selebgram Aghnia Punjabi, Dipukul hingga Rambut Dijambak

Ahli Digital Forensik, Abimanyu Wachjoewidajat

Photo :
  • VIVA.co.id

“Kita lihat gerakan dia menggaruk, kalau kita lihat garuknya bener dia menggaruk. Tetapi saat dia menggaruk kita lihat lingkungan sekitarnya. Masa saat dia lagi menggaruk di sini ada orang lain, dia maju, dia mundur,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title