Gibran Tak Dipecat PDIP, Begini Alasan Elite Partai

Ahmad Basarah, Ketua DPP Partai PDI Perjuangan
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, memberikan tanggapannya terkait persepsi beberapa pihak yang menganggap partainya enggan mengeluarkan Gibran Rakabuming Raka dari keanggotaan partai.

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

Menurut Basarah, partainya tidak perlu mengeluarkan Wali Kota Solo yang juga merupakan putra sulung dari Presiden Jokowi tersebut. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Gibran secara otomatis dianggap telah keluar dari partai setelah menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Ahmad Basarah, Ketua DPP Partai PDI Perjuangan

Photo :
  • Viva.co.id
Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

"Bagi PDI Perjuangan, kalau pertanyaannya kenapa tidak diberhentikan? Maka sesungguhnya dalam konteks etika politik, rakyat telah menganggap Gibran keluar dari PDI Perjuangan. Kita bisa lihat dari tanggapan masyarakat mengenai hal ini. Jadi, tanpa harus diberhentikan secara resmi, sebenarnya rakyat sudah menganggap Mas Gibran keluar dari PDI Perjuangan karena telah mengambil keputusan keluar dari garis politik partai yang resmi," kata Basarah di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

Sementara itu, Basarah menekankan, yang dimaksud mengambil keputusan keluar dari garis politik partai yakni saat Gibran menerima pinangan menjadi cawapres Prabowo.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Sementara itu, ditegaskannya bahwa garis politik partai PDIP dalam pencapresan adalah mengusung dan mendukung bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Maka seharusnya seluruh kader partai, mematuhi mengikuti dan mendukung keputusan resmi PDI Perjuangan itu. Maka ketika Mas Gibran mengambil pilihan lain yaitu mencalonkan dirinya sebagai calon wakil presiden, bertentangan dengan garis keputusan politik partai," kata Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 PDIP ini.

Halaman Selanjutnya
img_title