Viral! Warga Bajak Kapal Amerika yang Akan Kirim Bantuan Senjata ke Israel

Warga pro-Palestina bajak kapal AS yang akan kirim senjata ke Israel
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Negara Amerika Serikat (AS), memang dikenal dunia sebagai sosok 'pendukung sejati' Israel. Tak ayal bantuan berupa uang, obat-obatan hingga senjata terus dikirim ke Israel oleh pemerintah AS. Tidak terima akan hal ini, pengunjuk rasa pro-Palestina telah memblokir kapal milik militer AS yang akan berangkat dari Pelabuhan Oakland.     

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

Para pro-Palestina tersebut mengunci diri mereka selama berjam-jam pada hari Jumat pekan lalu. Para pengunjuk rasa, yang diperkirakan berjumlah 200 orang, juga memblokir pintu masuk ke Berth 20 tempat kapal pengangkut kontainer Cape Orlando berada. Kelompok pengunjuk rasa mengatakan kapal itu akan menuju Israel setelah memuat senjata dan peralatan militer di Tacoma, Washington. 

Protes ini diselenggarakan oleh Arab Resource Organizing Center yang berbasis di San Francisco, melansir CBS News, Senin, 6 Oktober 2023.Tak lupa, sebagai simbol dukungan terhadap Palestina. Para pengunjuk rasa juga membawa atribut Palestina dalam aksinya, Polisi pun tampak terlihat berada di lokasi. Protes dimulai pada pukul 6:45 pagi waktu setempat dan tidak mengganggu aktivitas penanganan kargo lainnya, menurut juru bicara Pelabuhan Oakland. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar Senang PDIP Nyungsep di 2024

Tiga pendukung Palestina berpegangan pada tangga tali dan menolak membiarkan pekerja menutup pintu kapal militer tersebut. Perundingan pun sempat terjadi antara penjaga pantai dan massa aksi, namun tidak ada hasil. 

“Itu adalah kapal militer AS. Kapal itu dimaksudkan untuk berangkat ke Tacoma Washington, mengambil senjata militer AS dan kemudian membawa senjata tersebut ke Israel,” klaim seorang pengunjuk rasa asal Palestina, Meena Abushamala. 

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

Warga pro-Palestina bajak kapal AS yang akan kirim senjata ke Israel

Photo :
  • Viva.co.id

Abushamala merupakan salah satu dari sekian ratus demonstran yang memblokir pintu masuk kapal ke pelabuhan tersebut. Dirinya mengaku telah kehilangan banyak kerabat atas serangan Israel ke Palestina. 

Halaman Selanjutnya
img_title