Vaksin PMK Sudah Tersedia di Jawa Barat

Pembagian vaksin PMK
Sumber :
  • Dok. DKPP Jabar

BANDUNG – Vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah tersedia. Untuk di Jawa Barat, vaksin PMK pertama kali diserahkan untuk wilayah Kecamatan Tanjungsari, Sumedang. Penyerahan dilaksanakan pada Senin, 20 Juni 2022.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Dalam kegiatan tersebut langsung oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen PKH Kementerian Pertanian Agung Suganda, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Arifin Soedjayana dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

"Pembagian vaksin perdana ini diadakan di peternakan di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang. Penyerahan bantuan vaksin secara simbolis oleh Ridwan Kamil," tulis DKPP Jabar dalam keterangannya, Selasa, 21 Juni 2022.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Bantuan pemberian vaksin ini pun serentak dilaksanakan di 5 kota/kab di Jawa Barat dengan pendampingan dari Dinas Peternakan di wilayah masing-masing. 5 Wilayah ini yakni Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat dan Kabaupaten Bandung.

"Teknis mekanisme dari pengunaan vaksin ini akan diadakan dalam 3 tahap yakni vaksin pertama, vaksin kedua, dan vaksin booster," jelasnya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

"Dengan upaya pencegahan dan pengendalian wabah PMK ini, maka angka penyembuhan sapi sudah meningkat dan diharapkan secepatnya situasi bisa aman terkendali apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha ini," pungkasnya.

Nantinya, hewan yang sudah divaksin akan diberi tanda kuning pada telinganya.