Ridwan Kamil Prediksi Puncak Subvarian Omicron Terjadi di Bulan Juli

COVID-19 Varian Omicron
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan peningkatan kasus COVID-19 diprediksi terjadi hanya sampai Juli 2022. Setelah itu menurut kajian para epidemiolog, kurva pandemi diprediksi  melandai.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 16 April 2024

"Prediksi puncaknya di bulan Juli menurut hitungan ilmu, setelah Juli nanti turun lagi," ujar Ridwan Kamil ditemui selepas rapat komite penanganan COVID-19 Jabar di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu, 22 Juni 2022.

Menurut Kang Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil --  peningkatan kasus baru COVID-19 di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat semakin menegaskan bahwa virus ini tak akan hilang sebagaimana strain utamanya sudah ada sejak ratusan tahun. Varian baru akan datang dan pergi dengan pola  serupa.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 16 April 2024

"Hal begini akan mengiringi, makanya dari awal kita sampaikan COVID-19 tidak akan hilang sama sekali akan datang dan pergi dengan pola sama," ujarnya.

"Maka kuncinya adalah protokol kesehatan dan vaksinasi," tambah Kang Emil.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Senin 15 April 2024

Saat ini, kasus COVID-19 khususnya di Pulau Jawa meningkat seiring kemunculan subvarian omicron BA.4 dan BA.5 Di Jabar per 21 Juni 2022 total kasus aktif COVID-19 mencapai 1.820 orang atau meningkat 199 orang. 

Kang Emil mengungkapkan, penyebaran kasus masih didominasi di wilayah Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi), dan Kota Bandung  yakni sebanyak 88 persen dari total seluruh wilayah.

Halaman Selanjutnya
img_title