Menambah Derita Rakyat, Ini 3 Fakta Mengerikan Gempabumi Afghanistan

Fakta mengerikan gempabumi di Afghanistan
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Gempabumi di Afghanistan telah menelan korban jiwa hingga 1.000 orang lebih dan 1.500 orang lainnya mengalami luka-luka, tercatat pada Kamis, 23 Juni 2022.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Menurut Departemen Kebudayaan dan Informasi, ketika pihak penyelamat datang ke lokasi bencana di Provinsi Paktika dan Khost. Survei Geologi Amerika Serikat menyatakan, kekuatan gempabumi pada Rabu, 22 Juni 2022 kemarin adalah 5,9 Magnitudo, perkiraan awal bisa mencapai 6,1 Magnitudo.

Pusat gempa berada di 46 Kilometer dari Kota Khost, dekat dengan perbatasan Pakistan. Atas kejadian Gempabumi Afghanistan, Taliban meminta bantuan Dunia Internasional agar segera mengirimkan bantuan kepada warga yang terdampak.

Serangan Masal Rudal Iran atas Israel Diwarnai Pekikan Takbir Kaum Muslimin

Namun diketahui, hingga sejauh ini hanya Pakistan yang akan mengirimkan bantuan ke negara tetangganya. Berikut beberapa fakta mengerikan gempa Afghanistan, seperti dikutip dari Al Jazeera, pada Jumat, 24 Juni 2022.

1. Terjadi gempabumi susulan

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

Seperti dilansir dari Aljazeera, sejauh 200 KM dari kota Kota Kabul Afghanistan merasakan gempa susulan. Pihak berwenang telah melaporkan ratusan rumah telah hancur di wilayah tersebut.

"Pihak berwenang telah mengirim helikopter dan meminta lembaga bantuan untuk datang serta menyelamatkan orang-orang dari puing-puing. Namun untuk daerah terpencil sangat sulit untuk dijangkau." kata M Lutfi yang merupakan seorang jurnalis Al Jazeera.

Halaman Selanjutnya
img_title