Statement Thomas Lembong Soal LFP yang Diungkit Gibran Saat Debat Cawapres

Juru bicara Anies Baswedan, Thomas Lembong.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka sempat menyinggung soal Lithium Ferro Phosphate (LFP) saat gelaran debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu, 21 Januari 2024.

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

Saat itu, Gibran sempat menyinggung pernyataan dari co captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin, Thomas Lembong soal LFP yang menjadi substitusi bahan baku Baterai kendaraan listrik pengganti Nikel.

Dikutip VIVA dari tayangan YouTube Total Politik, Senin, 22 Januari 2024, Thomas sempat menyinggung jika AMIN terpilih, maka mereka akan memperbaiki kebijakan pertembangan nikel tersebut.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Viva.co.id

Menurutnya, kebijakan eksplorasi nikel besar-besaran di Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan bagi masa depan bangsa.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

"Harga nikel global di seluruh dunia sudah turun kurang lebih 30 persen dalam 12 bulan terakhir, dan diprediksi tahun depan ada surplus stok nikel di dunia yang terbesar sepanjang sejarah. Jadi dengan begitu gencarnya pembangunan smelter di indonesia, kita membanjiri dunia dengan nikel, harga jatuh terjadi kondisi oversupply," ujar Thomas.

Sangking besarnya pasokan nikel milik Indonesia yang membanjiri dunia hingga berkembang pesatnya produksi baterai kendaraan listrik, lanjut Thomas, Pemerintah percaya diri bisa mendominasi pasar dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title