Tips Berkendara Aman Lewati Perlintasan Kereta Api

Mobil tertabrak kereta api
Sumber :
  • tvOne/Eron Umar Syah

BANDUNG – Perlintasan rel kereta api di Indonesia masih ada yang tidak berpalang pintu, sehingga jika tidak berhati-hati maka kendaraan bisa saja tertabrak kereta api yang melintas.

Cair Hari Sekarang, Ini Cara Dapat Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu

Seperti yang terjadi di perlintasan rel kereta tanpa palang pintu di Kampung Cibodas, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat. Sebuah mobil tertabrak Kereta Api (KA) Siliwangi jurusan Sukabumi-Cianjur pada Rabu, 29 Juni 2022 siang WIB.

Mobil tersebut terpental sejauh 200 meter dan mengalami kerusakan yang cukup parah. Akibatnya, dua penumpang mobil tersebut mengalami luka berat pada bagian kaki akibat terjepit di dalam badan mobil yang sudah ringsek.

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

Manajer Humas KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Kuswardjojo memberikan tips cara aman untuk melewati rel kereta api, terutama jika perlintasannya tak berpalang pintu.

"Tentunya bagi siapa saja yg melewati perlintasan sebidang baik berpalang pintu atau tidak, hendaknya berhenti sejenak perhatikan kanan dan kiri dari arah datangnya kereta api," ujarnya kepada VIVA Bandung, Rabu, 29 Juni 2022.

Profil Arie Febriant, Karyawan Pertamina yang Ludahi Pengendara Mobil

Jika sudah dipastikan aman baru silahkan berjalan lagi melewati perlintasan. "Pastikan untuk mendahulukan perjalanan kereta api," tambahnya,

Sementara itu, Kuswardjojo menegaskan, seharusnya sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 Tahun 2011, semua perlintasan dibuat tidak sebidang. Namun, jika masih ada perlintasan sebidang maka keberadaanya harus mendapatkan izin dari Ditjen KA.

Halaman Selanjutnya
img_title