Sejarah Berdirinya Kota Bandung, Berkat Prakarsa 'Dalem Kaum'

Gedung Sate tempo dulu
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Kota Bandung dijuluki sebagai Paris Van Java atau Paris dari Jawa. Berdirinya Kota Bandung berkat prakarsa dari R.A. Wiranatakusumah II yang dijuluki 'Dalem Kaum', begini sejarahnya.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 11 Mei April 2024

Kabupaten Bandung berdiri lebih awal ketimbang Kota Bandung. Kabupaten Bandung memiliki andil besar atas berdirinya Kota Bandung.

Melansir situs resmi Pemkot Bandung, Kabupaten Bandung dibentuk pada sekitar pertengahan abad ke-17 Masehi, dengan Bupati pertama Tumenggung Wirangunangun.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 11 Mei 2024

Pada saat itu, Tumenggung Wirangunangun memerintah Kabupaten Bandung yang beribukota di Krapyak (sekarang Dayeuhkolot), kira-kira 11 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Bandung sekarang.

Kemudian, kursi kepemimpinan Kabupaten Bandung beralih ke R.A Wiranatakusumah II (1794-1829) yang dijuluki 'Dalem Kaum'. Ia memimpin Kabupaten Bandung sebagai bupati ke-6.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 10 Mei April 2024

Kala itu, kekuasaan di Nusantara beralih dari Kompeni kepada Pemerintah Hindia Belanda, dengan Gubernur Jenderal pertama Herman Willem Daendels (1808-1811).

Untuk kelancaran menjalankan tugasnya di Pulau Jawa, Daendels membangun Jalan Raya Pos (Groote Poshweg) dari Anyer di ujung Jawa Barat ke Panarukan di ujung Jawa Timur (± 1000 kilometer). Pembangunan jalan raya itu dilakukan oleh rakyat pribumi di bawah pimpinan bupati daerah masing-masing.

Halaman Selanjutnya
img_title