Catat Tanggalnya! Fenomena Supermoon dan Hujan Meteor di Bandung

Ilustrasi hujan meteor
Sumber :
  • Pixabay / DivineLeaders

BANDUNG – Peneliti Astronomi Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Thomas Djamaluddyn mengungkapkan jika bakal terjadi fenomena supermoon dan hujan metero Alpha-Capricornids dan Delta Aquariids. Fenomena tersebut bida disaksikan di Kota Bandung.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Fenomena supermoon bakal terjadi pada 14 Juli 2022, sedangkan hujan meteor pada 29 Juli 2022.

Untuk supermoon, warga Bandung bisa menyaksikan dengan tampilan lebih terang dan besar dengan mata telanjang jika cuaca mendukung.

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Jumat 19 April 2024

"Supermoon merupakan fenomena purnama terdekat. Biasa rata-rata jarak bumi ke bulan itu 38.4000 km. Namun, pada saat supermoon jaraknya lebih dekat dari itu. Sehinga purnama akan lebih besar dan terang dibandingkan biasanya," jelas Thomas beberapa waktu lalu.

"Untuk wilayah pantai, berefek pada penambahan ketinggian air pasang maksimum," lanjutnya.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Kamis 18 April 2024

Sedangkan, fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids bisa diamati pada 29 Juli 2022, sekitar pukul 20.00 WIB sampai waktu subuh di langit timur.

"Makin malam, hujan meteor akan bergerak ke arah selatan. Sebenarnya hujan meteor ini tidak banyak, tapi kadang ada meteor yang terang terlihat. Ini juga bisa menjadi daya tariknya," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title