Sejumlah Kecamatan di Garut Terendam Banjir, Warga Dievakuasi

Tim SAR evakuasi warga Garut
Sumber :
  • VIVA / Diki Hidayat

BANDUNG – Hujan yang turun dengan intensitas tinggi pada sore hingga malam hari, Jumat 15 Juli 2022 mengakibatkan ratusan rumah sempat terendam air bah. Lokasi terparah akibat banjir bandang, yaitu Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut Jawa Barat.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 18 Mei 2024

Hingga Sabtu 16 Juli 2022 pagi sekitar pukul 02.00 WIB proses evakuasi masih berlangsung, karena banyak warga yang memilih bertahan di tengah banjir bandang. Petugas pun harus ekstra hati-hati karena kondisi gelap serta aliran sungai Cimanuk sangat deras.

"Pokoknya pastikan warga yang bertahan itu aman, kalo ada anak-anak pastikan ada orang dewasa disana," ujar Kabag OPS Polres Garut, Kompol Iwan Setiawan saat memberikan instruksi kepada Tim SAR, Sabtu 16 Juli 2022 pagi.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 18 Mei 2024

Tim SAR yang menggunakan perahu karet terus melakukan patroli di sekitar pemukiman warga yang terendam air. Sehingga jika menemukan warga di lokasi banjir yang bertahan untuk proses evakuasi akan lebih cepat.

"Jadi perahu karet tetap berada di dalam pemukiman yang terendah, kalau ada yang minta tolong akan lebih cepat penanganan," ungkap Iwan.

Lantik Wahyu Mijaya Sebagai Pj Bupati Cirebon, Bey Machmudin Ingatkan Soal Netralitas Kepala Daerah

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi memastikan belum ada laporan korban jiwa. Seorang ibu yang akan melahirkan di Kampung Cimacan segera tertangani ditengah luapan Sungai Cimanuk.

"Korban jiwa tidak ada laporan, hanya tadi seorang ibu yang akan melahirkan sudah berhasil dievakuasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title