Kadisdik Jabar Pastikan Tak Ada Perpeloncoan pada PLS

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi
Sumber :
  • Dok. Disdik Jabar

BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi menyematkan tanda peserta Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kepada peserta PLS pada pembukaan PLS 2022-2023 Jabar di SMKN 3 Bandung, Kota Bandung, Senin, 18 Juli 2022.

Supir Bus Ditetapkan Tersangka Kecelakaan Maut di Ciater Subang, Begini Penjelasan Polisi

Dedi pun menegaskan, tak ada perpeloncoan selama PLS 2022-2023.

"Pelaksanaan PLS diawasi oleh panitia PLS sekolah, seperti pengawas sekolah, komite sekolah, dan orang tua. Insya Allah enggak ada (perpeloncoan). PLS ini lebih kepada bagaimana mengarahkan peserta didik mengetahui tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter," tegasnya.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 14 Mei 2024

Kadisdik menjelaskan, PLS bertujuan mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, mengembangkan interaksi positif antarsiswa, dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghargai. 

Kadisdik pun berpesan kepada seluruh peserta didik untuk menjaga persatuan bangsa. Sebab, Indonesia terdiri dari keberagaman.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 14 Mei 2024

"Kalau tidak ada wawasan kebangsaan, tidak ada Pancasila maka ke depan belum tentu Nusantara itu ada. Bangsa ini ada di masa depan kalian, jadilah generasi yang memberi solusi," pesannya. 

Senada dengan Kadisdik, Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mendorong seluruh peserta didik untuk menguatkan karakter nasionalisme dan kebangsaan. "Ini harus jadi materi oleh narasumber saat menyampaikan materi (di PLS). Sehingga, siswa punya nasionalisme yang hebat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title